Monday, March 23, 2009

Rp3 Miliar untuk Pembasmi Virus Conficker

CALIFORNIA - Serangan virus Conficker yang melumpuhkan jutaan personal computer (PC) di dunia, segera mendapat respons dari beberapa perusahaan IT. Bahkan, Microsoft dan Symantec mengumumkan pembentukan tim baru untuk menyerang balik virus tersebut.

Sebagai langkah awal, Micrososft memberikan hadiah sebesar USD250 ribu atau sekira Rp3 miliar bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi pertama tentang virus Conficker tersebut. Hadiah ini berlaku disetiap negara. Demikan yang dilansir PC World, Jumat (13/2/2009).

'Kebrutalan' Conficker akhir-akhir ini memang sulit untuk dibendung. Pasalnya, virus tersebut menggunakan banyak cara untuk menginfeksi PC, salah satunya melalui server di internet. Dari sebuah laporan menyebutkan, kalau virus tersebut menjelma di 250 domain yang menjerumuskan pengaksesnya.

Selain Microsoft dan Symantec, banyak perusahaan lain yang turut bergabung dalam sebuah tim khusus untuk menganggulangi serangan Confivker. Di antaranya ICANN, Neustar, Verisign, CNNIC, Afilias, Public Internet Registry, Global Domains International Inc, M1D Global, AOL, F-Secure, ISC, lembaga penelitian dari Georgia Tech, The Shadowserver Foundation, Arbor Networks, dan masih banyak lainnya.

Banyak korban yang dirugikan oleh Conficker. Saking menggilanya, Kota Houston, Amerika Serikat lumpuh jaringan komputer. Bahkan, pesawat tempur Prancis gagal terang akibat infeksi virus tersebut. (srn)

No comments:

Post a Comment