Wednesday, March 25, 2009

Satu Langkah Maju Menuju Komputer Yang Lebih Cepat


Komputer quantum yang super cepat semakin dekat menjadi kenyataan, berkat penemuan baru dari para ilmuwan. Peneliti dari Edinburgh and Manchester University telah membuat peralatan molekuler yang berperan sebagai menjadi bagian dari komputer super cepat.

Mereka telah berhasil membuat suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengembangkan komputer quantum, yang mana dapat menyelesaikan kalkulasi yang rumit lebih cepat daripada komputer yang ada sekarang.

Kalangan akademis itu menggunakan teknologi skala molekuler daripada chip silikon. Mereka berhasil menciptakan itu dengan mengombinasikan magnet kecil dengan mesin molekuler yang dapat berpindah antara 2 lokasi tanpa menggunakan tenaga dari luar.

Magnet yang dapat berpindah ini, suatu hari nanti akan digunakan menjadi komponen dasar dari komputer quantum.

Selama ini komputer bekerja dengan menyimpan informasi dalam bentuk bit, yang mana dapat menampilkan informasi dalam kode biner, yang berupa angka 0 dan 1.

Komputer quantum akan menggunakan quantum binary digits atau yang dikenal dengan sebutan qubits, yang mana jauh lebih rumit karena komputer itu sanggup menampilkan bukan hanya 0 dan 1, tetapi beberapa nilai lainnya secara bersamaan.

Kompleksitas ini akan membuat komputer quantum bisa beroperasi lebih cepat daripada komputer konvensional.

No comments:

Post a Comment