Tuesday, April 21, 2009

2009, Pengapalan PC 'Jalan di Tempat'

JAKARTA - Dampak krisis ekonomi nampaknya sudah mulai nyata menghampiri Indonesia. Setidaknya, ini sudah dirasakan di sektor IT.

Seperti yang disampaikan oleh Micosoft Indonesia, diprediksi pada 2009 penjualan PC, termasuk desktop, notebook, dan netbook, terlihat pertumbuhannya 'datar', bahkan cenderung negatif. Microsoft cukup yakin dengan pernyataan ini karena didasari oleh hasil laporan berbagai riset seperti Garther, IDC, dan riset internal Microsoft,

"Prediksi pengapalan PC 2009 hanya mencapai 2,2 sampai 2,3 juta. Dibanding tahun 2008, tidak jauh berberbeda, karena pertumbuhannya flat bahkan cenderung negatif," kata Arie Kun Widodo Director OEM Microsoft Indonesia, di Planet Hollywood, Jakarta, Selasa (21/4/2009).


Lebih lanjut Arie menambahkan, kalau presentase pengapalan lebih banyak didominasi dari sektor konsumer ketimbang komersial. Dengan tingkat 50,24 persen. Sedangkan sisanya 49,8 berasal dari komersial seperti industri dan perkantoran.

Selain itu juga tren notebook di 2009 diperkirakan juga semakin mendominasi. Pasalnya, dari total pengiriman, sekira 56 persen dikuasai notebook dan sisanya didominasi oleh desktop.

"Dari 56 persen pengapalan notebook, sektor netbook menguasai 14,6 persen atau sekira 351 ribu," tandasnya.

No comments:

Post a Comment