Wednesday, April 8, 2009

Virus Worm Raksasa Ubah Taktik Menjelang 1 April

Worm komputer Conficker, momok bagi pengguna internet yang mana telah menginfeksi setidaknya 3 juta PC di dunia, akan beraksi kembali dengan cara baru pada hari Rabu ini (01/04) yang merupakan peringatan hari April Mob.

Pada saat itu, komputer yang sudah terkontaminasi akan lebih agresif menghubungi sang pembuat virus lewat Internet. Saat hal itu terjadi, pria jahat yang berada di belakang worm ini akan bisa memicu suatu program untuk mengirim spam, menginfeksi lebih banyak, menyumbat jaringan-jaringan dengan trafik data yang besar, dan juga mencoba membuat situs-situs menjadi down.

Secara teknis, hal ini bisa menimbulkan kekacauan, mulai dari kemacetan pada jaringan sampai dengan terbentuknya senjata cyber dengan tingkat kerusakan masal yang menyerang situs pemerintah.

Tetapi para peneliti yang telah mengawasi Conficker mengatakan pada hari itu kemungkinan tidak terjadi apa-apa. Mereka mengatakan tampaknya tidak ada perubahan program untuk menimbulkan dampak pada tanggal 1 April, karena sampai sekarang sudah banyak user yang bisa mencegah worm ini beraksi sampai menimbulkan kerusakan yang serius.

Pasukan komputer yang terinfeksi Conficker yang dikenal dengan sebutan botnet, dapat menjadi alat kejahatan cyber yang terhebat. Pembuat Conficker hanya perlu memikirkan cara bagaimana jalan untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan komputer-komputer itu.

PC yang terinfeksi perlu mendapatkan perintah untuk bisa aktif. Mereka akan mendapatkan perintah itu dengan tersambung dengan situs yang dikontrol oleh para bandit itu. Bahkan situs resmi pun bisa digunakan untuk tujuan ini, jika hacker bisa membobol masuk dan menggunakan server dari situs itu untuk mengirimkan pesan yang berbahaya.

Sampai saat ini, komputer yang terinfeksi Conficker sudah berusaha menyerang 250 domain internet. Para bandit itu hanya perlu membuat salah satunya berada dalam kendalinya untuk mengirim perintahnya ke botnet

No comments:

Post a Comment