Tuesday, January 5, 2010

Mozilla Firefox 3.5

Ingin peramban yang kaya fungsi? Firefox jelas jawaranya. Dengan feature yang hampir seragam dengan para pesaing, peramban milik Mozilla ini sejak dahulu mencoba menonjolkan diri dengan kekayaan ekstensibilitas.
Sesuai platformnya yang open source, Firefox terbuka untuk ditempeli ribuan add-ons yang dibuat para pengembang di seluruh dunia. Dari berbagai applet kecil seperti kalender dan game sudoku sampai yang informatif, misalnya notifikasi terjadinya gempa bumi dan download manager.

Untuk personalisasi, terdapat beragam pilihan tema dan kulit (disebut Persona) untuk mengganti tampilan peramban. Namun konsekuensinya, memori yang dikonsumsi bisa semakin besar. Tanpa add-on saja, Firefox memakan memori yang cukup banyak baik saat dijalankan di sistem operasi XP maupun Vista.
Versi 3.5 yang kami coba sebenarnya tak mengalami perubahan berarti dari Firefox 3 yang diluncurkan pertengahan tahun lalu. Feature yang agak beda mungkin diperkenalkannya private browsing dan geolocation (pengenalan lokasi browsing) berbasis Google Maps. Begitu pula versi 3.5.3 yang baru diluncurkan September 2009 hanya mengalami beberapa perbaikan dari segi stabilitas dan keamanan.
Saat kami melakukan benchmarking menggunakan Peacekeeper, Firefox 3.5.3 menghasilkan performa rata-rata dengan nilai total 207 (di XP, Pentium III) dan 1388 (di Vista, Core 2 Duo). Sementara saat dites dengan Acid3, skornya 93/100 yang berarti belum sepenuhnya lulus ujian.

Sumber : Infokomputer

No comments:

Post a Comment