Monday, March 16, 2009

Apakah Hujan Asam Itu??

Hm .. pasti sahabat luverth tidak asing lagi dengan “HUJAN ASAM”. Yupz, mumpung lagi musim hujan, jadi enak bicarain yang hujan-hujan :z . hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bemanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibuthkan oleh binatang dah tumbuhan.
Hujan asam merupakan istilah umum untuk menggambarkan turunnya asam dari atmosfer ke bumi. Sebenernya turunnya asam dari atmosfer ke bumi bukan hanya dalam kondisi “basah”. Tetapi juga “kering”, sehingga dikenal pula dengan istilah deposisi (penurunan/pengendapan) basah dan deposisi kering. Deposisi basah mengacu pada hujan asam, kabut, dan salju. Ketika hujan asam ini mengenai tanah, ia dapat berdampak buruk bagi tumbuhan dan binatang, tergantung dari konsentrasi asamnya, kandungan kimia tanah, buffering capaticy (kemampuan air atau tanah untuk menahan perubahan pH), dan jenis tumbuhan/hewan yang terkena.

Deposisi kering mengacu pada gas dan partikel yang mengandung asam. Sekitar 50% keasaman di atmosfer jatuh kembali ke bumi melalui deposisi kering. Kemudian angin membawa gas dan partikel asam tersebut mengenai bangunan, mobil, rumah dan pohon. Ketika hujanturun, partikel asam yang menempel di bangunan atau pohon tersebut akan terbilas, menghasikan air permukaan yang asam.
Angin dapat membawa material asam pada deposisi kering dan basah melintasi batas kota dan negara sampai ratusan kilometer. Menurut para ahli, bahwa SO2 dan Nox merupakan penyebab utama hujan asam. Hujan asam terjadi ketika gas-gas tersebut ke atmosfer bereaksi dengan air, oksigen, dan berbagai zat kimia yang mengandung asam. Sinar matahari meningkatkan kecepatan reaksi mereka. Hasilnya adalah larutan asam sulfat dab asam nitrat (kosentrasi rendah). Untuk mengukur keasaman hujan asam digunakan pH meter. Makin rendah pH air hujan tersebut, makin berat dampaknya bagi makhluk hidup.
Jadi dapat kita simpulkan hujan asam adalah suatu masalah lingkungan yang serius yang benar-benar difikirkan oleh manusia. Ini merupakan masalah umum yang terjadi secara berangsur-angsur mempengarui kehidupan manusia. Istilah hujan asam perama kali diperkenalkan oleh Angus Smith ketika ia menulis polusi industri Amerika.


Yupz, sekian pembelajaran lingkungan tentang Hujan Asam. Kita lanjutkan lagi dipertemuan berikutnya, udah ngantuk ni :D. hihihiih :z


No comments:

Post a Comment