Friday, March 20, 2009

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Tanggal 9 September lalu, saya menerima sms dari teman yang isinya "Firefox sudah mulai ketinggalan, kini Google telah meluncurkan Chrome yang kabarnya lebih hebat lagi. Bagaimana komentarnya?"

Maaf ya, baru sempat memberikan review terhadap produk baru Google Chrome ini. Disamping ada beberapa artikel terdahulu yang lebih urgent, yaitu mengenai Ramadhan dan Kebebasan, yang sebentar lagi meninggalkan kita.

Setelah sukses dengan search engine terbesarnya, kemudian free Gmail yang berkapasitas Giga, Google telah meluncurkan produk baru yang bikin netter banyak penasaran. Browser yang dinamakan Chrome, yang beberapa orang meramalkan akan menggeser web browser lainnya, termasuk Firefox yang pernah menjadi partnernya selama beberapa tahun. Baru-baru Firefox mengupgrade versinya, tiba-tiba ada sms yang bikin saya jadi penasaran, diluncurkannya browser baru yang katanya lebih hebat?

Google Chrome mulai diliris 2 September kemarin, review tentang browser ini telah banyak diposting, tapi demi tidak mengecewakan pengunjung, berikut saya sebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan Google Chrome sejauh ini, sejak 2 pekan diliris.

Kelebihan Google Chrome:
1. Kemampuan browsing yang cepat (ada yang mengatakan lebih cepat dari Windows Explorer). Meskipun bagi saya sebagai pengguna warnet, tidak berbeda dengan kecepatan Firefox, bahkan bisa bersaing.
2. Otomatis membookmark semua situs yang pernah dibuka selain histori, halaman yang sering dikunjungi, dll. Sehingga bagi orang tua yang punya akses internet di rumah dapat dengan mudah memantau anak-anaknya, ini tentu bermanfaat. Beda dengan saya yang selalu menggunakan warnet, dan tidak ingin jejak saya diketahui orang lain, itu rasanya tidak nyaman buat saya.
3. Browser addressnya yang sekaligus berfungsi sebagai search engine, tentu ini merupakan fitur yang praktis dan istimewa.

Disamping kelebihan di atas, ada lagi beberapa fitur Google Chrome, yakni:
- Mendukung flash dan java (terintegrasi)
- Penggunaan memori tab yang terpisah.
- Mendukung Bahasa Indonesia.
- Auto-complete address input (Omnibar).

Itu saja kelebihan Google Chrome menurut saya, kalau masih kurang silahkan dilengkapi.

Kekurangan Google Chrome:
1. Masih versi Beta.
2. Masih banyak security holenya (maklum, versi Beta), sehingga tidak disarankan untuk digunakan bertransaksi keuangan. Meskipun Google sendiri mengklaim bahwa Chrome ini akan mencegah penyebaran virus dan serangan lain, termasuk pencurian data diri.
2. Penggunaannya masih terbatas pada Windows XP dan Vista.
3. Makin banyak tab dibuka, maka akan membutuhkan lebih banyak memori untuk browsing.

Itu saja sedikit review tentang Google Chrome menurut saya, kalau ada yang kurang atau keliru, silahkan dikoreksi.

Yang jelas, saya masih belum bisa meninggalkan Firefox, yang dapat menampilkan blog saya ini secara utuh dan lengkap. Justru saya perlahan-lahan say Good Bye buat IE, meskipun sebenarnya semua web browser menjadi pelajaran bagi para blogger maupun webmaster. Bagaimana agar Blog atau Web anda bisa tampil sempurna di semua web browser.

Jadi, teman-teman, silahkan coba sendiri Google Chrome, selanjutnya, anda akan menentukan mau pilih yang mana.

No comments:

Post a Comment