Thursday, March 19, 2009

Opera: IE 8 Berbahaya

CALIFORNIA - Layanan browser Internet Explorer 8 (IE8) yang akan segera dirilis ternyata menuai protes, bahkan dituding bisa membahayakan persaingan antar browser lainnya.

Salah satu orang yang mengkhawatirkan itu adalah, Chief Executive Opera Jhon von Tetzchner. Menurutnya, Microsoft yang menghadirkan IE8 telah di-bundling bersama Windows. Dan tentu saja ini akan menimbulkan monopoli, dan membahayakan perang browser.

Tidak heran, kalau Opera tengah mengadukan masalah ini kepada Komisi Eropa. Ditambahkan olehnya, Microsoft telah jelas-jelas melakukan pelanggaran dengan sengaja melakukan monopoli. Selama ini, pengguna bebas untuk memilih melakukan update IE atau tidak.

"Microsoft terlihat seperti posisi unik. Padahal, dengan tidak memberikan kesempatan pengguna untuk memilih browsernya. Maka itu sangat membahayakan," tukas Jhon, seperti yang disitat TechRadar, Rabu (18/3/2009).

"Kunci utamanya adalah, Microsoft dengan IE 8-nya tidak memberikan ruangan untuk melakukan ruang untuk berkompetisi," tandasnya.

No comments:

Post a Comment