Monday, June 1, 2009

WD Green Cavier 2 TB, Tak Sekadar Kapasitas Besar


Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kebutuhan akan kapasitas besar untuk perangkat komputer sangat mendesak. Terlebih saat ini, file-file yang semakin modern membutuhkan 'ruang' yang tidak sedikit. Untuk itulah Western Digital (WD) menjawab hal tersebut dengan menghadirkan hard drive (HD) hingga 2 terabyte.

Tentu saja ini menjadikan WD sebagai vendor pertama di dunia industri yang menghadirkan HD 2 TB. Dengan nama WD Cavier Green 2TB, produk ini tidak melulu hanya mengandalkan kapasitas yang besar saja. Buktinya, meski ruang yang sangat lapang itu, WD Carviar Green tetap mampu melakukan pemangkasan daya konsumsi listrik hingga 40 persen.



Wajar jika WD mengklaim kalau Cavier Green mampu menghemat penggunaan listrik hingga 40 persen. Ini terlihat dari penyerapan daya listriknya, yang hanya 7 watt saat bekerja penuh, dan ketika diam atau idle, WD hanya meminta 5 watt saja.

Platform baru juga diusung denga ukuran 3,5 inchi, yang berbasis pada 500 Gigabyte per platter technology. Ini termasuk dengan densitas ruangan yang mencapai 400GB/in2, dengan cahce 32 Megabyte. Itulah yang membuat HD ini mampu menampung berbagai file dengan jumlah yang sangat besar.

Meski sebelumnya dengan HD 500GB atau 1TB saja, pengguna bisa menikmati banjir file. WD tentu tidak sembarangan menempatkan WD Caviar Green ini empat kali lebih besar, pasalnya WD juga dilengkapi dengan empat pattcher.

1 comment: