Wednesday, April 29, 2009

Ilmuwan Kembangkan Teknik Pencarian Alien


WASHINGTON - Ilmuwan sepertinya akan bisa menemukan jejak makhluk luar angkasa seperti alien pada saat sebelum mereka pergi meninggalkan Bumi.Untuk mendeteksi keberadaan alien di Bumi, ilmuwan tidak akan lagi menggunakan cara dengan menemukannya secara langsung.

Ilmuwan dari National Institute of Standards and Technology (NIST) mengembangkan teknik menemukan alien dengan cara menganalisa materi yang menjadi petunjuk keberadaan alien yang meliputi sejumlah besar molekul yang memiliki duplikat tertentu.


Molekul pada tangan kanan memiliki komposisi yang sama dengan tangan kiri, namun kandungan kimia yang terdapat dalam keduanya memiliki sifat yang berbeda.

Karena banyaknya kritik terhadap duplikat molekul tertentu, ahli Fisika Thom Germer bersama timnya berpendapat bahwa duplikat molekul itu dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mereka.

"Anda tidak ingin membatasi diri untuk mencari tahu materi spesifik seperti oksigen yang digunakan para makhluk di bumi, karena hal itu akan menimbulkan asumsi tentang apa hidup itu. Namun kadar amino acid, gula dan DNA pasti dimiliki oleh setiap makhluk hidup," ujar Germer yang dikutip dari Times of India, Rabu (29/4/2009).

Banyak molekul yang tidak berasosiasi dengan tanda-tanda kehidupan. Namun ketika suatu organisme memproduksinya, keturunan mereka akan memiliki molekul duplikat yang sama dengan yang sama dengan orang tua mereka.

Karena molekul duplikat mencerminkan petunjuk yang mengidikasikan duplikat molekul makhluk hidup, tim peneliti merancang perangkat yang bisa menganalisa bakteri dan tumbuhan. Kemudian mendeteksi refleksi polarisasi dari organisme tersebut. Metode ini pula yang digunakan untuk medeteksi alien.

No comments:

Post a Comment